Percepatan Pemulihan Ekonomi Dan Penanganan Miskin Ekstrim Jadi Prioritas Musrenbang Desa Sukarasa Pangatikan


JABARONNEWS.COM, GARUT - Bertempat di Aula Desa, Pemerintah Desa Sukarasa menggelar Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Garut Tahun 2024 Tingkat Desa Sukarasa dan kegiatan tersebut dibuka oleh Indra Arica, SE, MM selaku Kasi PMD mewakili Camat Pangatikan. Selasa (17/01/2023).

Pada kesempatan itu Haris, Kepala Desa Sukarasa mengungkapkan bahwa Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Garut untuk tahun 2024 ini merupakan forum dialog masyarakat warga Desa Sukarasa untuk menyampaikan usulan perencanaan pembangunan di masa yang akan datang.

“Kegiatan ini sangat penting guna mendengar, menampung dan menginventarisir aspirasi masyarakat dalam merencanakan kegiatan apa saja yang dibutuhkan untuk dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang,” ucapnya.

Lebih lanjut Haris, mengungkapkan bahwa hasil musrenbang ini ditampung dari berbagai usulan-usulan masyarakat untuk kemudian nantinya dibahas di tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

“Alhamdulillah tadi kami sudah mendengar dan menampung usulan-usulan dari para perwakilan warga masyarakat, insya Allah kita akan mengawal usulan-usulan tersebut, kita akan rekap dan menjadikan skala prioritas di tingkat Kecamatan untuk dibahas bersama dan diteruskan ke Kabupaten,” jelasnya.

Kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Garut Tahun 2024 yang dilaksanakan di Aula Desa Sukarasa tersebut, dihadiri juga oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sukarasa. Selain itu hadir pula BPD, seluruh Ketua RT/RW, Ketua LPM, PKK, Kader, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Korwil Pendidikan, BP3K, UPT Pertanian dan Stake Holder lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Indra Arica, SE, MM selaku Kasi PMD Pangatikan menyampaikan bahwa tema Musrenbang saat ini adalah untuk Pemantapan Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat, Mewujudkan Garut Yang Bertaqwa Maju dan Sejahtera.

“Berdasarkan tema Musrenbang tersebut harus menjadi dasar pelaksanaan di tingkat Desa/Kecamatan, diantaranya percepatan pemulihan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat serta penanganan miskin ekstrim jadi fokus utama usulan kegiatan prioritas di Desa-desa se Kecamatan Pangatikan,” katanya.

Lebih lanjut Indra menjelaskan, pengajuan usulan infrastruktur disetiap musrenbang tetap mendominasi, namun untuk tahun 2024 kita harus menyesuaikan dengan tema yang diusung agar sejalan dengan program dari Kabupaten.

“Untuk dapat menciptakan kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Garut sesuai Visi Misi Pak Bupati dan Pak Wakil yaitu terwujudnya Kabupaten Garut yang bertaqwa, maju dan sejahtera, kita harus bahu membahu ikut berpartisipasi secara nyata dalam mewujudkannya” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Haris selaku Kepalay Desa Sukarasa menyampaikan rasa terima kasih dan syukurnya atas kehadiran para peserta Musrenbang tersebut yang dari awal hingga akhir acara tampak tertib dan terlihat kebersamaannya.

"Saya atasnama Pemerintah Desa Sukarasa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua peserta musrenbang yang telah meluangkan waktu serta pikirannya untuk mensukseskan acara hingga dihasilkan usulan prioritas yang dapat disepakati bersama," ujar Haris.

Selain itu juga Haris berharap, "Usulan prioritas Musrenbang RKPD Kabupaten Garut Tingkat Desa Sukarasa untuk tahun 2024 ini dapat diakomodir oleh pemangku kebijakan di tingkat Kabupaten sehingga kepercayaan masyarakat terkait pelaksanaan musrenbang disetiap tahun semakin tumbuh dan tidak menganggap kegiatan ini hanya ceremonial saja". Pungkasnya. (/Red)***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka