Rudy Gunawan: Banjir Bandang Pameungpeuk, Wagub Jabar Jangan Asal Salahkan Pemkab Terkait Kerusakan Hutan


JABARONNEWS.COM, GARUT - Bupati Garut Rudy Gunawan menyentil pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang menyatakan banjir bandang di Kecamatan Pamengpeuk akibat rusaknya hutan.

Padahal, kata Rudy, Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang punya kewenangan dalam penanggulangan masalah itu.

"Yang selalu menyalahkan hutan ya Pak Uu sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat, padahal kan itu kewenangan dan kewajibannya beliau, kita (Pemkab) tidak ada Dinas Kehutanan," jelas Rudy yang ditemui Senin (26/09/2022) usai memimpin apel pagi di lingkungan Sekretariat Daerah Pemkab Garut.

Menurut Rudy, Pemerintah Kabupaten Garut sama sekali tidak punya kewenangan dalam pengelolaan hutan dan sungai yang ada di wilayahnya. Karena itu, Rudy tidak bisa menganggarkan dana untuk pengelolaan hutan.

"Dinas Kehutanan oleh Provinsi, galian C pun oleh Provinsi, kita tidak punya kewenangan," katanya.

Sama halnya dengan pengelolaan hutan, pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) pun disebut Rudy juga bukan kewenangannya.

Cimanuk misalnya, dibawah pengelolaan BBWS Cimanuk-Cisanggarung. Sementara dua sungai yang jadi penyebab banjir bandang di Pamengpeuk, jadi kewenangan Provinsi pengelolaannya.

"Mereka yang berwenang, kenapa jadi kita yang terkena dampaknya terus soal kebijakan hutan yang disalahkan," katanya.

Karenanya, Rudy pun mengingatkan kepada Uu untuk tidak saling menyalahkan.

"Rakyat Garut juga rakyat beliau kan, ayo kita jangan gitu lah, kita lakukan sama-sama dengan Perhutani, BKSDA dan PTPN," ajak Rudy.

Soal langkah konkret yang akan diambil Pemkab Garut agar banjir bandang tidak terulang, Rudy belum melakukan pembahasan khusus dengan Pemerintah Provinsi. Pasalnya, rehabilitasi hutan memerlukan waktu yang lama. (/Red)***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka