Munculnya Sosok Dr. Hilman Umar Basori Menjadi Aroma Politik Baru dan Segar di Kabupaten Garut Yang Selama Ini Diidam-idamkan Oleh Masyarakat Garut


JABARONNEWS.COM, GARUT - Kabupaten Garut terletak di Provinsi Jawa Barat bagian Tenggara pada koordinat 6º56'49 – 7º45'00 Lintang Selatan dan 107º25'8 – 108º7'30 Bujur Timur. Kabupaten Garut memiliki luas wilayah administratif sebesar 306.519 Ha (3.065,19 km²). Sebagian besar wilayah Kabupaten ini adalah pegunungan, kecuali di sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Di antara gunung-gunung di Garut adalah : Gunung Papandayan (2.262 m) dan Gunung Guntur (2.249 m), keduanya terletak di perbatasan dengan Kabupaten Bandung, serta Gunung Cikuray (2.821 m) di selatan Kota Garut.

Kabupaten Garut yang secara geografis berdekatan dengan Kota Bandung sebagai Ibukota Provinsi Jawa Barat, merupakan daerah penyangga dan hinterland bagi pengembangan wilayah Bandung Raya. Karena itu, Kabupaten Garut mempunyai kedudukan strategis dalam memasok kebutuhan warga Kota dan Kabupaten Bandung, sekaligus berperan di dalam pengendalian keseimbangan lingkungan.

Dengan keistimewaan seperti itu, tentunya Kabupaten Garut memiliki peluang yang besar sebagai Kabupaten yang maju. Namun hal tersebut bertentangan dengan kenyataan mengenai Kabupaten Garut yang menenpati posisi ke 3 IPM terendah se-Jawa Barat.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengukup capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Sebagai ukuran kualitas hidup, IPM dibangun melalui pendekatan tiga dimensi dasar. Dimensi tersebut mencakup umur panjang dan sehat; pengetahuan dan kehidupan yang layak. Ketiga dimensi tersebut memiliki pengertian sangat luas karena terkait banyak faktor. Untuk mengukur dimensi kesehatan, digunakan angka harapan hidup waktu lahir. Selanjutnya untuk mengukur dimensi pengetahuan digunakan gabungan indikator angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah. Adapun untuk mengukur dimensi hidup layak digunakan indikator kemampuan daya beli masyarakat terhadap sejumlah kebutuhan pokok yang dilihat dari rata-rata besarnya pengeluaran per kapita sebagai pendekatan pendapatan yang mewakili capaian pembangunan untuk hidup layak.

Dengan keistimewaan Kabupaten Garut yang memiliki potensi Sumber Daya Alam yang besar, hal ini tidak dapat dimanfaatkan secara utuh oleh Pemerintah Kabupaten Garut dalam mendorong peningkatan IPM Kabupaten Garut.

Pegelolaan Sumber Daya Alam yang baik akan berimplikasi terhadap peningkatan Pendapatan Pemerintah Kabupaten Garut, Pendapatan yang baik akan berimplikasi terhadap kesejahteraan masyarakat Garut. Dengan konsepsi seperti itu Arif Nurhakim selaku Direktur Gordah Institute of Democracy and Political Education mengungkapkan, “perlu adanya perubahan kepemimpinan di Kabupaten Garut yang dapat melakukan pegelolaan yang baik terdadap potensi-potensi yang ada di Kabupaten Garut."

Arif Nurhakim menambahkan, “hal ini juga harus menjadi perhatian Para Elit Politik dan Para Elit Partai Politik dalam mencetak Kader yang paham akan kondisi dan permasalahan serta solusi yang ada di Kabupaten Garut khususnya, apalagi kontestasi Politik akan dilaksanakan tidak lama lagi”

Arif menegaskan, “dalam momentum politik 2024 mendatang di Kabupaten Garut, pemimpin di Kabupaten Garut harus benar-benar pilihan rakyat yang memahami betul permasalahan yang ada di Kabupaten Garut untuk selanjutnya diharapkan menjadi solusi bagi permasalahan-permasalahan yang ada di Kabupaten Garut”

Dengan munculnya sosok Dr. Hilman Umar Basori dalam polling yang diadakan oleh Just Info Garut baru-baru ini yang diidentifikasi sebagai pilihan rakyat garut karena tidak berafiliasi pada Partai Politik manapun tentunya hal ini harus menjadi perhatian lebih bagi Para Elit Politik yang ada di Kabupaten Garut.

“Dengan munculnya sosok Dr. Hilman Umar Basori yang sebetulnya kurang dikenal daripada nama-nama lain yang ada di polling tersebut seperti Raden Dicky Candranegara (Mantan Wakil Bupati Garut), Deden Galih (Anggota DPRD Jawa Barat), dr.Helmi Budiman (Wakil Bupati Garut), hal tersebut dapat dikatakan bahwa Dr. Hilman Umar Basori adalah pilihan Masyarakat Garut yang mampu memberikan solusi terkait permasalahan-permasalahan yang ada diKabupaten Garut yang dirasakan secara langsung oleh masyarakat Garut” Tegas Arif Nurhakim Direktur Gordah Institute of Democracy and Political Education. (/Red)***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.