Dipandang Berhasil Membesarkan Organisasi, H Delit Suparman Kembali Pimpin MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Garut Periode 2023-2027


JABARONNEWS.COM - Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Garut, gelar pelantikan pengurus MPC periode 2023-2027 dan Rakercab XI, di Gedung Pendopo Garut, Kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota, Kamis (18/01/2024).

 

Hadir dalam acara pelantikan, Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Jawa Barat, Dian Rahadian, Asda 1 Kabupaten Garut Bambang Hafidz, unsur Forkopimda dan para tamu undangan.

IMG-20240119-WA0061.jpg

Dalam sambutannya, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Garut H. Delit Suparman menyampaikan sejarah Pemuda Pancasila yang lahir dari rahim perjuangan bangsa Indonesia.

 

"Pemuda Pancasila adalah organisasi kepemudaan yang lahir dari rahim perjuangan bangsa. Sejak awal berdirinya, Pemuda Pancasila telah berkomitmen untuk menjaga dan mengamalkan Pancasila sebagai ideologi bangsa," katanya.

 

Di era globalisasi ini, imbuh dia, peran Pemuda Pancasila semakin penting dalam menentukan arah bangsa. Pemuda Pancasila harus menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI, melawan radikalisme dan intoleransi, serta membangun bangsa yang maju dan sejahtera.

 

Oleh karena itu, lanjut dia, dirinya mengajak kepada seluruh kader Pemuda Pancasila untuk tetap teguh dalam komitmen menjaga Pancasila dan NKRI. Menjadi Pemuda Pancasila yang kreatif, inovatif, dan berprestasi. Aktif dalam pembangunan daerah Kabupaten Garut dan nasional. Menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

 

"Mari kita bersama-sama membangun Pemuda Pancasila yang semakin kuat dan bermartabat. Kita tunjukkan kepada bangsa dan negara bahwa Pemuda Pancasila adalah organisasi yang berbakti kepada nusa dan bangsa," ujarnya.

 

Ketua MPC Pemuda Pancasila Garut juga mengatakan, dalam menghadapi tahun politik 2024 mengatakan Pemuda Pancasila sesuai namanya merupakan organisasi bercorak nasionalistik dengan berpegang teguh pada Pancasila yang merupakan ruh perjuangan organisasi yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sosial baik secara internal keorganisasian maupun secara external dalam kehidupan bermasyarakat.

 

"Dalam situasi politik nasional dan kondisi sektoral kedaerahan saat ini, Pemuda Pancasila harus bisa menempatkan diri secara elegan, profesional dan proporsional yang bisa mengakomodir seluruh kepentingan kader dan masyarakat secara luas sehingga tercipta jalannya pemilu aman, nyaman dan sukses," harapnya.

 

"Karena jargon kita adalah Pemuda Pancasila adalah tidak kemana mana tapi ada di mana mana, apapun partainya, Pemuda Pancasila organisasinya," tandasnya.

 

Sementara Asda 1 Bambang Hafidz menyebut, organisasi Pemuda Pancasila adalah organisasi yang cukup besar dan familiar di masyarakat.

 

"Saya bertugas pernah di pelosok daerah, saya lihat PP selalu ada di tiap desa, ini menandakan PP begitu besar. Ini menjadi sebuah tantangan bagaimana menjaga kebesaran Pemuda Pancasila," katanya.

 

Kehadirannya dalam pelantikan, kata dia, menjadi saksi Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten H. Delit Suparman dilantik kembali.

 

"Kalau saya bertanya pada masyarakat pasti kenal dengan H. Delit meskipun belum melihat rupanya, ketokohan beliau sudah terkenal di Kabupaten Garut," ujarnya.

 

Hal ini kata Bambang Hafidz, menandakan kepemimpinan H. Delit dalam memimpin MPC, bisa dikatakan berhasil. Tinggal bagaimana membawa Pemuda Pancasila bisa menciptakan dan menjaga kerukunan di Kabupaten Garut. Bambang juga mengucapkan terimakasih atas kemitraan Pemuda Pancasila dengan Pemerintah dan TNI/Polri yang terus dijalin.

 

Ditempat yang sama, Ketua MPW Jawa Barat, Dian Rahadian mengatakan, MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Garut di dalam melaksanakan kegiatan selalu memuaskan termasuk acara pelantikan.

 

"Garut kalau melaksanakan kegiatan selalu hinggar bingar. Ini menandakan MPC Garut merupakan salah yang terbaik di Jawa Barat, luar biasa," katanya.

 

Masih kata Dian, karena seluruh rangkaian yang menjadi amanah organisasi sudah baik dilaksanakan, di musyawarah cabang tahapannnya sudah dilakukan, mulai dari laporan pertanggung jawaban yang secara bulat diterima oleh peserta Muscab, program 4 tahun kedepan sudah disepakati bersama. Secara bulat muscab memilih kembali H. Delit sebagai Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Garut priode 2023-2027 secara aklamasi.

 

"Tadi saya juga melihat komposisi kepengurusan keterpaduan yang muda dan senior dari seluruh kader-kader terbaik, mudah-mudahan ini adalah pengurus supertiim bukan superman yang tergantung pada seseorang sebagaimana kepengurusan MPC Garut saya lihat luar biasa," ujarnya.

 

Dia meyakinkan, Pemuda Pancasila Garut 4 tahun ke depan lebih besar dan lebih maju membangun Kabupaten Garut bersama masyarakat.

 

"Kita berharap apa yang menjadi amanah musyawarah cabang semua stakeholder  kader Pemuda Pancasila Garut dapat melaksanakan dengan baik. Kita adalah organisasi yang menyandang nama Pancasila, saya titip di dalam keseharian dalam melaksanakan program tentunya harus mencerminkan nilai-nilai pancasila. Itu konsekwensi," tandas Dian.

 

Ketua MPW Jawa Barat ini juga menegaskan kepada para kader yang tidak Pancasilais silahkan keluar dari keanggotaan ormas Pemuda Pancasila karena Pancasila ini berat apabila tidak mampu melaksakan. Para kader tidak sekedar paham atau hafal Pancasila, tapi, kata Dian, harus memberikan contoh dan mengajarkan pada masyarkat. Kader Pemuda Pancasila harus pancasila daripada masyarakat yang bukan anggota Pemuda Pancasila, ini tantangan

 

"Ketua MPC Kabupaten Garut, H. Delit menjadi teladan bagi kita semua, beliau menjadi ustadz untuk kita semua. Anggota PP yang katanya haram jadah sampai pada sajadah, insya Alloh yang haram jadah menjadi sajadah di bawah kepemimpinan Kang H. Delit," tandasnya.

 

Mengenai pemilu 2024 mendatang, Dian membenarkan apa yang disampaikan Ketua MPC Garut. Bahwa Pemuda Pancasila tidak kemana-mana tapi Pemuda Pancasila ada dimana-mana. Karena kader Pemuda Pancasila yang mencalonkan legislatif ada diseluruh partai politik.

 

"Kami sebagai pimpinan tidak boleh mengarahkan kader hanya duduk atau aktif disalah satu partai. Mari kita antarkan kader yang mencalon legislatif untuk duduk di DPRD Kabupaten, Jawa Barat sampai Nasional," pungkasnya. (NS).

  • -

0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka