Polres Garut Libatkan UMKM dan IKM Dalam Lomba Ketangkasan Domba Garut Kapolres Cup


JABARONNEWS.COM, GARUT – Polres Garut dalam penyelenggaraan lomba seni ketangkasan Domba Garut yang sampai hari pertama diikuti Sekitar 560 peserta dari berbagai daerah di Jawa Barat, Sabtu (15/10/2022). Sejumlah daerah yang berpartisipasi dalam Seni Ketangkasan Domba Garut Kapolres Garut Cup ini berasal dari Tasikmalaya, Bandung, hingga Banten.

Kapolres Garut mengatakan dengan jumlah peserta sebanyak itu ditambah dengan pengunjung yang datang akan menimbulkan potensi ekonomi yang sangat tinggi, oleh karenanya Kapolres berkerjasama dengan forkopimda dan instansi terkait seperti Dinas Koperasi, Dekranasda, Bhayangkari dan lain-lain. Untuk melibatkan UMKM, IKM dan pedagang kaki lima.

IMG-20221016-WA0025.jpg

"Ada dua esensi kegiatan, pertama adalah mengangkat budaya kearifan lokal dari seni ketangkasan domba Garut itu sendiri, yang tentunya akan menstimulasi perekonomian lokal dengan menggandeng UMKM dan IKM serta pedagang-pedagang kaki lima yang berada di Kabupaten Garut," ujarnya.

Selain mengangkat budaya seni ketangkasan domba, di kesempatan ini pihaknya juga mencoba untuk melestarikan dan membanggakan produk lokal Kabupaten Garut agar bisa dinikmati oleh masyarakat.

"Sehingga perekonomian lokal di wilayah Garut ini bisa mendukung perekonomian nasional di tengah terpaan badai dari perekonomian global," ucap Kapolres Garut.

IMG-20221016-WA0026.jpg

Pelaksanaan Bazar UMKM ini berlangsung selama 2 hari mengikuti jadwal lomba ketangkasan Domba Garut, pada hari pertama ini UMKM cukup ramai didatangi oleh pengunjung, disamping karena makanan enak-enak juga harganya bikin nyaman di kantong.

Hari ini ada pemadangan unik dimana ada dua orang wisatawan asal Jerman mencoba kuliner Garut, yaitu mencicipi Baso Aci Bacidut produk Nyempod yang sepertinya cocok dengan lidah mereka, karena dari raut mukanya terlihat senang, lalu pedagangnya bilang “tanks you” di jawab “Hatur nuhun” sontak semuanya tertawa malu.

Pada hari kedua perlombaan besok tanggal 16 Oktober 2022 bazar masih tetap berjalan kepada para pengunjung dipersilahkan untuk berbelanja harga dijamin murah murah karena sudah mendapat subsidi dari Kapolres Garut.

Disamping Produk-produk makanan seperti Baso Aci,Pisang Goreng, bangkerok, Nasi Liwet,Kopi, juga terdapat berbagai jenis minuman kekinian maupun tradisional, serta terdapat produk fasion atau pakaian misal jaket kulit, kaos, daster serta berbagai produk lainya.    

Untuk Hari kedua perlombaan ketangkasan Domba Garut dalam acara penutupan direncanakan akan dihadiri Menteri Koperasi serta akan tampil Paskibra SMKN 2 Garut atau lebih dikenal dengan nama PASHEMAN 90 sebagai juara ajang kompetisi bakat nasional dalam acara Indonesia Got Talent.

“Mari kita dukung kita kembangkan produk-produk kita, agar menjadi kebanggaan buat kita sebagai warga Garut dan kembanggaan buat Indonesia serta semoga bisa menyebar ke seluruh dunia.” Ungkap Kapolres. (/Red)***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.