Peduli Kanker Payudara, RS Guntur Garut Gelar IVA Test dan USG Gratis


JABARONNEWS.COM, GARUT - Dalam rangka memperingati HUT ke 77 Persit Kartika Chandra Kirana tahun 2023, Rumah Sakit TNI AD Guntur Garut melaksanakan kegiatan  IVA test dan USG Mamae  yang diikuti oleh anggota  Persit KCK Koorcabrem 062/TN Kodam III/SLW, Selasa (21/02/2023).

Dihadiri oleh Ketua Persit KCK Koorcabrem 062/TN, Ny. Ina Asep Sukarna, serta pengurus dan anggota,  Komandan Denkesyah Garut, Letkol Ckm (K) Yuni Astutin, S.Kep., Ners, Kepala Rumah Sakit Tk. IV Guntur, Mayor Ckm dr. Citra Roshian, Sp.B., Finacs., FICS., MMRS, serta anggota Rumah Sakit dan Denkesyah Garut.

Mayor Ckm dr. Citra Roshian, Sp.B., Finacs., FICS., MMRS selaku Kepala Rumah Sakit Guntur menyampaikan dalam arahannya bahwa dengan dilakukannya kedua pemeriksaan tersebut, diharapkan bisa melakukan deteksi dini terhadap risiko kemungkinan terjadinya kanker payudara (Ca Mammae) dengan pemeriksaan USG Mammae  maupun Kanker Leher Rahim (Ca Cervix) dengan pemeriksaan IVA Test.

"Selain untuk tujuan deteksi dini, kegiatan pemeriksaan ini juga bertujuan untuk mengetahui apa faktor risiko dan bagaimana upaya untuk melakukan pencegahan supaya tidak terkena Ca Mammae maupun Ca Cervix," ucap dr. Citra.

IMG-20230223-WA0089.jpg

Tes IVA (Inspeksi Visual Asetat), imbuh dr. Citra merupakan cara sederhana untuk deteksi dini kanker serviks (kanker leher rahim) sedangkan SADANIS atau pemeriksaan payudara klinis adalah pemeriksaan payudara oleh tenaga kesehatan (Nakes) Terlatih.

Diharapkan dengan adanya deteksi dini pemeriksaan kanker serviks dan SADANIS melalui Metode pemeriksaan  IVAbTest dan Pemeriksaan USG payudara ini, akan membantu masyarakat khususnya keluarga besar TNI AD di wilayah korem 062/TN Garut untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan organ reproduksi serta mencegah terjadinya progresifitas penyakit jika ditemukan gejala awal dari penyakit tersebut. (/HD)


0 Komentar :

    Belum ada komentar.