Legislator PKS Minta Warga Tidak Patah Semangat Memperjuangkan DOB Garut Selatan


JabarOnNews.com, GARUT - Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPRD Garut, Karnoto, S.Kep, M.Si, dalam beberapa hari terakhir mengunjungi beberapa Kecamatan di Garut Selatan, untuk bersilaturahmi dengan sejumlah kelompok masyarakat. Banyak hal dibahas saat bertatap muka dengan warga itu, salah satunya tentang rencana pemekaran wilayah.

Menurut anggota Komisi IV ini, proses pemekaran Garut Selatan sudah hampir mencapai final, yaitu tinggal “ketuk palu” (pengesahan) di DPR RI dan pemerintah pusat. Masalahnya kenapa “ketuk palu” itu belum kunjung dilakukan, lantaran Pemerintah Pusat masih memberlakukan moratorium pemekaran wilayah yang entah sampai kapan akan dicabut.

“Proses pemekaran Garut Selatan sudah lama dilakukan. Berbagai langkah sudah ditempuh, mulai dari DPRD Garut sudah membuat Perda tentang pemekaran Garut Selatan, begitupun DPRD Jawa Barat sudah mengusulkan ke tingkat pusat melalui Perda yang dibuatnya. Sekarang kita tinggal menunggu good will dan political will Pemerintah Pusat untuk segera memekarkan Garut Selatan,” kata Karnoto.

Ia menandaskan, harapan masyarakat Garut Selatan agar daerah yang kaya akan beragam potensi ini menjadi daerah otonomi baru (DOB) agar terus diperjuangkan. Untuk itu, Karnoto meminta semua elemen masyarakat tetap semangat dan kompak berjuang.

“Saya berpesan kepada masyarakat Garut Selatan untuk semangat berjuang. Kita harus optimis (bahwa harapan pemekaran wilayah itu akhirnya akan terwujud),” ujarnya, saat mendampingi Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meresmikan Masjid Besar Kecamatan Talegong, Kamis (18/8/2022).

Sebelum ke Talegong, Karnoto menjumpai kelompok masyarakat di Kecamatan Banjarwangi, Pameungpeuk, Caringin dan Cisewu. Rencananya, selepas dari Talegong ia pun akan mengunjungi masyarakat di Kecamatan Bungbulang dan Pakenjeng.

Karnoto optimis bahwa pemekaran wilayah di Kabupaten Garut akan terjadi, selama suksesi kepemimpinan di tingkat pusat yaitu dari Presiden Joko Widodo kepada presiden berikutnya tidak menghalangi proses pemekaran Kabupaten Garut sehingga harapan agar Garut menjadi tiga wilayah (Garut Selatan, Garut Tengah dan Garut Utara) benar-benar terwujud.

“Saya melihat Garut Selatan memiliki sejumlah potensi yang bisa dimajukan dan dikembangkan. Garut Selatan memiliki potensi wisata, pertanian, perkebunan, pertambangan dan perdagangan. Garut Selatan juga memiliki sumber daya manusia yang cerdas, aktif dan progresif,” tutur dia.

“Saya kira, dengan dukungan dari semua pihak juga support dari Pemerintah Pusat dalam bentuk DOB, maka Garut Selatan akan menjadi daerah yang maju dan sejahtera warganya,” tambah Karnoto.

Ia menyampaikan, beberapa langkah yang harus ditempuh untuk terbentuknya DOB Garut Selatan ke depan, baik secara administrasi maupun kerjasama lintas sektor dan lintas program yang menjadi syarat mutlak dan harus terpenuhi oleh masyarakat.

Misalnya ketersediaan perguruan tinggi, ketersediaan SDM di kalangan birokrasi, kemudian penataan wilayah untuk ibukota kabupaten, ketersediaan tempat untuk area perdagangan, wisata dan segala macamnya. Itu semua harus ditata dari sekarang.

“Termasuk langkah-langkah secara politis untuk melobi pemerintah di tingkat pusat, ini juga harus ditempuh,” tutup Karnoto. (/Red)***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka