Anak Autis Keren!, Raih Terbaik Catwalk Festival Batik Nasional 2022, Kini Tekun Sekolah Musik


JABARONNEW.COM - Siapa sangka gadis remaja cantik pemilik nama lengkap Hanifa Yusriah Baihaqi, adalah seorang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sederet prestasi pernah ditorehkannya, salah satunya prestasi yang cukup gemilang adalah, Nifa sapaan akrabnya merupakan model berprestasi tingkat daerah hingga nasional.

 

Penyandang Disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga Negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.

IMG_20231204_203857.jpg

Ibunda Nifa, Sri Hastuti menuturkan, seringkali orang biasa beranggapan, terbebani masalah dengan memiliki anak disabilitas. Padahal kalau seandainya, pendidikan dan arahan dilakukan, baik dilingkungan keluarga maupun di lembaga pendidikan. Seorang anak disabilitas tak jarang memiliki segudang talenta luarbiasa yang kadang orang biasa tak mampu melakukannya.

 

Nifa, adalah putri semata wayang pasangan Yunus Baihaqi dan Sri Hastuti asal Kota Bandung Jawa Barat. Kini Nifa sudah beranjak dewasa. Ia saat ini duduk di bangku Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 10 Kota Bandung.

 

"Awalnya Nifa mengembangkan bakatnya di modeling di usia 9 tahun. Awalnya saya tak mengerti apa yang Nifa inginkan, tapi dia suka mengatur baju sendiri, mempadu-padankan warna antara baju celana atau rok dan kerudung," ujar Sri Hastuti, Senin (03/12/2023).

IMG-20231204-WA0141.jpg

Banyak prestasi yang ditorehkan Nifa di dunia modeling, dan salah satu prestasi terbesarnya adalah menjadi model catwalk terbaik, dalam Festival Batik Nasional di Jakarta tahun 2022 lalu. Untuk terus mengembangkan bakatnya, kini Nifa juga aktif berlatih di sanggar. Bukan hanya itu, Nifa juga menyukai alat musik biola dan keyboard.

 

"Kalau melihat Nifa, saya tak memaksakan diri untuk masuk ke sekolah SMA yang akademik, karena Hanifa mempunyai kekurangan, namun juga ada kelebihannya. Pas Nifa maunya sekolah di musik, ya saya sebagai orangtua mendukung apa yang Nifa inginkan," tutur Hastuti.

 

Nifa kini duduk di Kelas X di SMKN 10 Kota Bandung, Jurusan Seni Musik dan Industri Kreatif. Bukan tanpa sebab, talenta yang dimiliki Nifa, terus tersalurkan berkat ketekunan sang ibu, Sri Hastuti dan ayahnya Yunus Baihaqi yang tak mengenal lelah, terus membimbing putri kesayangannya. (*)

  • -

0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka