Wujudkan Pemulihan Ekonomi Masyarakat, RKP Desa Sukahurip Pangatikan Tahun 2023 Berbasis Pemulihan Ekonomi Melalui Bumdes


JABARONNEWS.COM, GARUT - Pemerintah Desa Sukahurip Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) untuk menyusun dan menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023, Kamis (06/10/2022).

Kepala Desa Sukahurip Asep rukman menuturkan, Musdes tersebut untuk menentukan arah kegiatan Pemerintah Desa dalam satu tahun.

"Rencana kegiatan pembangunan tahun 2023 merupakan usulan yang diajukan di Musyawarah Dusun, ditambah dengan usulan hasil dari rembuk untuk menentukan usulan skala proritas," ujarnya.

IMG-20221006-WA0036.jpg

"Sementara Pendamping Desa (PD) Kecamatan Pangatikan Pedy Ahmad Pudoli  menegaskan, Desa Sukahurip statusnya masih desa berkembang sehingga semua program harus direncanakan dengan baik agar rencana pembangunannya tepat sasaran," imbuhnya.

"Seperti untuk kegiatan Pemulihan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat dengan mengembangkan Bumdes, Dana Desa tahun 2023 bisa juga untuk penyertaan modal bagi Bumdes, bisa dimasukkan di RKPDes tahun 2023," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) diarahkan untuk pemulihan ekonomi, karena dalam pengerjaannya melibatkan warga setempat yang tidak memiliki pekerjaan atau korban PHK.

IMG-20221006-WA0033.jpg

"Intinya Musdes ini, untuk menyusun dan menetapkan RKPDes, tapi usulan yang diajukan harus mengerucut pada regulasi dan peraturan-peraturan yang berlaku, sehingga yang dikerjakan tepat sasaran," ujarnya.

Dalam menetapkan usulan prioritas berdasarkan hasil musyawarah. Program prioritas yang diusulkan berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Usulan program prioritas ini diantaranya; pemulihan ekonomi pasca covid19, penguatan UMKM dan Bumdes, serta melanjutkan Program Ketahanan Pangan.

Diluar itu, program prioritas lainnya adalah penguatan infrastruktur yang mendorong penguatan pertanian dan pencegahan stunting," pungkasnya (/Red)***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka