Golput Bukan Solusi, Suara Kita Menentukan Masa Depan Bangsa


JABARONNEWS.COM - Ketua MPC. Pemuda Pancasila Kabupaten Garut, H.Delit Suparman mengatakan Golput, atau golongan putih, adalah istilah yang digunakan untuk menyebut mereka yang memilih untuk tidak memberikan suara pada pemilihan umum. 

 

"Beberapa alasan yang sering dikemukakan adalah merasa tidak memiliki pilihan yang memadai, kecewa dengan kinerja para calon, atau bahkan merasa tidak tertarik pada politik sama sekali," katanya, Selasa (13/2/2024).

 

Namun, menurut H. Delit, sebenarnya golput tidaklah solusi yang tepat. Setiap suara sama pentingnya memilih untuk tidak memberikan suara sama saja dengan memberikan kesempatan bagi orang lain untuk menentukan pilihan Anda.

 

 "Setiap suara sangat berharga, terlebih lagi pada pemilihan yang sifatnya demokratis seperti pemilihan umum. Dengan memberikan suara, kita turut serta dalam menentukan masa depan bangsa," ujarnya.

 

Dikatakan dia, meningkatkan kualitas Demokrasi Pemilihan umum yang partisipasinya rendah cenderung menghasilkan kualitas demokrasi yang buruk. 

 

Lanjutnya, para pemimpin yang terpilih mungkin tidak mewakili keinginan dan kepentingan masyarakat secara keseluruhan, dan hasilnya bisa saja berdampak negatif bagi masyarakat. 

 

"Dengan memberikan suara, kita dapat memastikan bahwa pemimpin yang terpilih benar-benar mewakili kepentingan rakyat," tandasnya.

 

Mempengaruhi kebijakan publik, kata dia,  para pemimpin yang terpilih tentunya memiliki tanggung jawab untuk menetapkan kebijakan publik yang mendukung kepentingan masyarakat secara luas. 

 

"Dengan memberikan suara, kita dapat memilih calon yang memiliki visi dan misi yang sama dengan kepentingan kita. Suara kita dapat mempengaruhi kebijakan publik dan akhirnya berdampak pada kehidupan sehari-hari kita," katanya.

 

Menghormati Hak Suara Hak suara adalah hak yang diberikan kepada setiap warga negara yang sudah memenuhi syarat untuk ikut serta dalam pemilihan umum. 

 

Tidak memberikan suara, menurut H. Delit, sama saja dengan meremehkan hak yang sudah diberikan kepada kita sebagai warga negara. Menggunakan hak suara dengan baik adalah bentuk penghargaan terhadap hak yang sudah kita miliki.

 

Ketua MPC. Pemuda Pancasila Garut mengatakan, golput bukanlah solusi yang tepat. Dengan memberikan suara pada pemilihan umum, kita turut serta dalam menentukan masa depan bangsa, meningkatkan kualitas demokrasi, mempengaruhi kebijakan publik, dan menghormati hak suara. 

 

"Oleh karena itu, mari kita gunakan hak suara kita dengan bijak dan bertanggung jawab. Saya himbau pada masyarakat terlebih khusus pada kader dan anggota Pemuda Pancasila salurkanlah aspirasi kalian, suara kalian sangat berharga menentukan arah bangsa," ujarnya.

 

"Dan saya himbau pada Kader dan anggota Pemuda Pancasila ciptakan situasi yang aman dan kondusif guna kelancaran Pemilu 2024," tandasnya sambil memekikan pancasila, pancasila, merdeka. Sekali layar terkembang surut kita berpantang. (*)

  • -

0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka