Bupati Garut : BTT Akan Biayai Kesulitan Masyarakat Korban Banjir


JabarOnNews.com, GARUT - Usai meninjau lokasi banjir di Kecamatan Garut Kota. Bupati Garut didampingi Kepala Disperkim, Kasat Pol PP, BPBD, Camat Tarogong Kidul dan Lurah Jayawaras tinjau lokasi pemukiman di bantaran sungai Cimanuk, Kampung Leuwidaun, Kelurahan Jayawaras, Kecamatan Tarogong Kidul, Sabtu (16/07/2022).

“Saya meninjau Sungai Cimanuk yang membelah Kota Garut, saya lihat airnya meluap dan mengaibatkan banjir (ke pemukiman warga) dipinggir Sungai Cimanuk,” ujar Rudy.

Rudy juga menyebutkan, banjir terjadi juga di sekitaran jalur Sungai Cipeujeuh serta Ciwalen, yang mengakibatkan rumah tergenang dan banyak lumpur.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, kami prihatin dengan kejadian ini. Kita akan melakukan langkah konkret. Masyarakat dipersilahkan untuk kembali membersihkan rumah dan nanti ada cash for work antara Rp.500 ribu hingga Rp.1 juta,” sambung Rudy.

Terhadap rumah yang roboh atau yang rusak berat, Rudy menyebutkan, Sekretaris Daerah (Sekda) selaku Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan dilakukan pendataan terlebih dahulu bersama Camat, Lurah dan Kepala Desa.

“Hari ini Pak Sekda selaku Kepala BPBD, sore ini sampai dengan besok akan mendata beserta Camat, Lurah juga Kepala Desa dan RW. Kita akan memgambil langkah cepat dalam mengatasi masalah kesulitan masyarakat. Karena saya lihat banyak rumah yang roboh dan rusak berat,” jelas Rudy.

Penanganan pasca banjir tersebut imbuh Rudy, akan dianggarakan di Biaya Tak Terduga (BTT) Kabupaten Garut yang saat ini masih cukup untuk menangani musibah atau kesulitan masyarakat karena kebencanaan. (/Red)***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka